SMA Informatika Ciamis Menggelar Pemilihan Ketua OSIS Masa Bakti 2021/2022

SMA Informatika Ciamis - SMA Informatika Ciamis menggelar Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2021/2022 pada Jum'at (19/11). Dikarenakan pandemi Covid-19 belum berakhir, maka penyelenggaraan pemilihan Calon Ketua OSIS tahun ini dilaksanakan secara online alias dalam jaringan (Daring) guna menghindari kerumunan. 

Dadi Rusyadi, S.Pd. selaku Wakasek Kesiswaan dan Pembina OSIS memberi tanggapan bahwa meskipun PILKETOS ditahun 2021 pelaksanaanya masih online, tapi tetap tidak mengenyampingkan jujur, adil, dan transparan/terbuka. Sehingga pemilihannya bisa dikatakan tidak ada rekayasa dari panitia atau siapapun.

Kegiatan PILKETOS ini diadakan oleh BPS SMA Informatika Ciamis. Mereka juga bekerjasama dengan ekstrakurikuler Bocah Lab.

"Untuk acara sekarang Alhamdulillah teknisnya lancar tanpa kendala, semoga mereka yang terpilih dapat bertanggung jawab terhadap apa yang mereka sampaikan di visi misinya." Ungkap Yuda Yudistira selaku Ketua BPS 2020/2021.

Jumlah pemilih dalam data sebanyak 591 siswa/i beserta guru, namun yang memberikan hak suaranya pada PILKETOS tahun ini hanya 322 suara. Hal ini kemungkinan besar dikarenakan kurangnya komunikasi dan sosialisasi. 

Selain itu, hal ini juga mungkin terjadi karena pemilih yang tidak punya kuota internet untuk mengakses website PILKETOS. Dalam teknis pemilihan, setiap individu hanya bisa masuk website satu kali dan tentunya hanya memiliki satu hak suara.

Adapun tiga kandidat pasangan calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS Periode 2021-2022 yaitu Diki Pirmansyah Septiadi dan Rendi (Paslon No.1), Hariska dan Wahyu (Paslon No.2), Trisna Setiawan dan Akna Khairun Nurmansyah (Paslon No.3).


Hasil pemilihan menunjukkan bahwa pasangan kandidat nomor 1 mendapat suara sebanyak 96, pasangan kandidat nomor 2 mendapat suara sebanyak 95, dan pasangan kandidat nomor 3 mendapat suara sebanyak 131. Sehingga dari ketiga calon, paslon nomor urut 3 yakni Trisna Setiawan dan Akna Khairun Nurmansyah ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2021/2022.

Dadi Rusyadi, S.Pd. menambahkan,"Untuk yang terpilih harapannya lebih kepada melanjutkan perjuangan Pengurus OSIS 2020/2021 dan melengkapi kekurangan-kekurangan yang masih belum bisa mendekati sempurna untuk OSIS 2021/2022. Untuk yang tidak terpilih harapanya tetap kita berjuang lagi di pengurus OSIS, karna seperti yang telah dikatakan pada awal Mukilas, tidak ada yang menang tidak ada yang kalah, semuanya juara."

Penulis: Cucu Sri Hartini